• icon

icongeo.unitas@gmail.com

icon

Need Help? call us free

(0751) 40020
No Images

Deskripsi Mata Kuliah

AGAMA : GEO2101A / 3 SKS
Mata kuliah Agama sebagai mata kuliah Pengembangan Kepribadian menekankan kemampuan memahami pokok-pokok ajaran agama yang ada, kemampuan menerapkan ajaran agama yang dijadikan sebagai sumber nilai dan landasan berfikir, berperilaku dalam ilmu dan profesi pada kehidupan sehari-hari, serta kemampuan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbedaan pemahaman terhadap agama dalam kehidupan sehari-hari.

BAHASA INGGRIS : GEO2103C /  2 SKS
Mata kuliah ini, sebagian besar, berupa latihan intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa berbahasa Inggris, sekalipun secara pasif, khususnya untuk keperluan membaca. Lewat mata kuliah ini para mahasiswa diajak untuk belajar memahami dan menganalisis struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Latihan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kecakapan mahasiswa dalam rangka memahami pesan-pesan yang disampaikan dalam bahasa Inggris, baik lewat tulisan maupun secara lisan, dan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia.

PENGANTAR ILMU GEOGRAFI : GEO2105D /2  SKS
Mata kuliah ini bertujuan untuk meletakkan dasar-dasar pengetahuan mengenai bidang keilmuan geografi dengan tujuan mahasiswa mampu mengetahui sejarah perkembangan geografi, konsep dan tema dasar ilmu geografi, karakteristik pendekatan geografi dan, penerapan ilmu geografi dalam kehidupan.  

HIDROLOGI : GEO2107D / 3 SKS
Matakuliah ini merupakan hidrologi pengantar yang membahas segala aspek yang berkenaan dengan  persebaran,  perputaran dan proses hujan serta manfaat dan bahaya air bagi manusia. Ruang lingkup mata kuliah hidrologi mencakup analisis spasial dari komponen hidrologi   dan permasalahan SDA dari sisi kuantitas dan kualitas dalam skala global dan skala lokal (skala daerah aliran sungai), hidrograf aliran; dan hubungan antara air tanah dengan kehidupan di bumi. Selain itu, pada mata kuliah ini juga mengkaji paket model hidrologi. Melalui model hidrologi dapat dipelajari kejadian-kejadian hidrologi yang dapat digunakan untuk memprediksi permasalahan yang yang akan terjadi di masa depan atau melihat respon DAS terhadap suatu sistem

GEOLOGI UMUM : GEO2109D / 2 SKS
Mata kuliah geologi umum diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud memberikan pemahaman tentang bumi, keberadaan bumi sebagai planet dan struktur bumi secara umum, unsur dasar yaitu mineral dan batuan, proses yang ada di permukaan; pelapukan, erosi, transportasi oleh berbagai agen, aliran sungai, gelombang di pantai dan proses angin. Selain itu, geologi umum juga membahas proses yang terjadi dari dalam bumi meliputi, aktifitas pambentukan magma, volkanisme, kegempaan dan perubahan batuan karena proses tektonik. Keterkaitan geologi dan aktifitas manusia terutama kaitannya dengan kebencanaan, gempa bumi, gerakan tanah, dan kerusakan lingkungan juga dibahas dalam mata kuliah ini.

GEOMORFOLOGI UMUM : GEO2111D / 2 SKS
Geomorfologi Umum adalah mata kuliah dasar yang diperuntukan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang bentuk permukaan bumi dan proses-proses yang menyertainya. Mahasiswa diharapkan memahami konsep tentang geomorfologi, klasifikasi bentang alam (bentuk muka bumi), satuan geomorfologi, pemetaan geomorfologi, unit-unit geomorfologi sebagai dasar pemanfaatan lahan serta memiliki keterampilan dalam membuat model-model bentukan geomorfologi dan identifikasi satuan geomorfologi secara visual dari peta topografi, peta geologi dan citra satelit.

MATEMATIKA DASAR : GEO2113C / 2 SKS
Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa memiliki penguasaan konsep- konsep dasar matematika yang akan digunakan dalam konsep-konsep matematika lanjutan dan mampu melakukan penalaran secara logis sebagai bekal dalam membuktikan konsep-konsep matematika secara deduktif. Materi perkuliahan meliputi: pengertian pernyataan, argumen, pembuktian validitas argumen, kuantor, silogisme, aljabar logika, aplikasi logika dalam materi matematika dan ke hidupan sehari-hari, pengertian himpunan, keanggotaan himpunan, diagram himpunan, jenis-jenis himpunan khusus, relasi antar himpunan, operasi pada himpunan, pengertian relasi, jenis-jenis relasi, pengertian fungsi, jenis-jenis fungsi, operasi yang berbentuk fungsi, serta penerapan konsep himpunan dalam kehidupan sehari-hari.

BAHASA INDONESIA : GEO2115A / 3 SKS
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi mahasiswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan memiliki pengetahuan dan keterampilan menulis karya ilmiah. Materi kuliah meliputi ragam bahasa Indonesia, kalimat baku bahasa Indonesia, pengembangan paragraf, ejaan dan tata tulis, dan praktik menyusun karya ilmiah.

KARTOGRAFI DASAR : GEO2117D/ 3 SKS
Mata kuliah Kartografi merupakan mata kuliah dasar yang diberikan pada mahasiswa dalam memahami fungsi dan peran peta sebagai sumber informasi permukaan bumi yang menjadi kajian utama geografi. Selain itu, mahasiswa dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam membaca peta, membuat peta, dan analisisnya tentang berbagai fenomena geografi yang terdapat dalam peta. Adapun untuk mencapai kompetensi tersebut, maka pada mata kuliah ini membahas tentang hakekat dan pengertian dari kartografi, proyeksi peta, berbagai komponen peta, menentukan koordinat, penempatan dan penggunaan simbol peta, serta pembuatan peta.

KEWARGANEGARAAN : GEO2102A / 2 SKS
Matakuliah ini mengkaji wawasan dan kesadaran bernegara, cinta tanah air yang bersendikan kebudayaan Indonesia melalui pengkajian pendidikan pendahuluan Bela negara, Wawasan Nusantara, Ketahanan nasional, dan Politik strategi nasional.

ILMU ALAMIAH DASAR
Mata kuliah ini membahas tentang hakekat sains, perkembangan pola berfikir manusia, metode ilmuah, materi dan energi, bioteknologi, alam sebagai system, sumber daya alam dan pengelolaannya, IPTEK dan penerapannya.

PANCASILA : GEO2106A / 2 SKS
Matakuliah ini mengkaji kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, Demokrasi Pancasila, HAM dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu berfikir rasional dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual, dapat mengambil sikap bertanggung jawab sesuai dengan hati nuraninnya, mengenali masalah hidup dan kesejahteraan serta cara-cara pemecahnnya, dapat menganalisa perubahan-perubahan dan perkembangan IPTEKS serta memaknai peristiwa sejarah & nilai-nilai budaya bangsa guna menggalang persatuan Indonesia.

KOMUNIKASI DAN PRESENTASI BAHASA INGGRIS : GEO2108C / 2 SKS
Mata kuliah ini mengasah kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa asing (English as a Foreign Language). Di dalam perkuliahan, mahasiswa melatih kemampuan untuk mengungkapkan pendapat tentang masyarakat serta situasi terkini, mendengarkan dan menyimak berbagai wawancara dan pemberitaan media masa juga menyusun proyek kelompok secara bersama-sama dengan mengasah kerjasama dalam tim. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu berperan menjadi anggota dunia global.

GEOLOGI INDONESIA : GEO2110D / 2 SKS
Mata kuliah geologi Indonesia diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud membahas tentang tektonik, struktur serta pengaruh terhadap proses sedimentasi di kawasan Indonesia. Selain itu, pada mata kuliah ini juga dibahas mengenai kerangka tektonik-struktur dan stratigrafi (umum), kerangka cekungan-cekungan yang dipengaruhi tektonik, pola-pola tegasan (stress patterns), geological features, tatanan tektonik & stratigrafi yang berbeda antara pulau-pulau di Indonesia, dimulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua.

BIO-GEOGRAFI : GEO2112D / 2 SKS
Mahasiswa mampu menganalisis materi biologi dengan cara pandang geografi dengan obyek geografi lainnya. Menguraikan tentang hakekat dan ruang lingkup biogeografi, rantai makanan dan siklus biogeokimia, pola migrasi hewan dan tumbuhan, nilai ekonomi tumbuhan, taksonomi hewan dan hubungan paleogeografi dengan sebaran hewan serta evolusinya.

GEOGRAFI DESA-KOTA : GEO2114D / 2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang ciri-ciri desa dan kota, klasifikasi, masalah yang dihadapi, perencanaan, pembangunannya desa dan kota. Melalui mata kuliah ini diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang teori, masalah dan perencanaan, kemampuan menganalisis dan menerapkan teori-teori perkotaan/perdesaan bagi sarjana geografi sangat diperlukan, agar mahasiswa dapat eksis terhadap perkembangan ilmu dan aplikable dalam memecahkan masalah-masalah perkotaan/ perdesaan yang selama ini sedang berkembang.

KULIAH LAPANG 1: GEO2116D/ 1 SKS
Kuliah Lapangan adalah salah satu program akademik yang dilakukan di lapangan (luar kelas) untuk mempelajari dan memahami aspek-aspek geografi secara langsung yang mencakup aspek geologi, jenis batuan stratigrafi dan struktur geologi, aspek geomorfologi, satuan unit geomorfologi, karakteristik sungai dan DAS. Tujuan kuliah lapangan ini membekali mahasiswa geografi  agar memiliki keterampilan dan kemampuan analisis dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS : GEO2118D / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diisi oleh 70% teori dan 30% praktikum, dimana teori hanya diberikan dalam konteks pengantar untuk dapat menjalankan praktikum. Aspek utama yang ingin dicapai dari mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki pemahaman dan keterampilan dalam mulai dari proses identifikasi data sumber dalam SIG, data input, proses, analisis, penyimpanan dengan geodatabase, analisis SIG sederhana hingga proses pencetakan (layout). Seluruh kegiatan dalam perkuliahan ini menggunakan metode digital yang dibantu beberapa perangkat lunak yang terinstall di perangkat keras berupa komputer PC maupun laptop.

KETAMANSISWAAN : GEO2120B/3 SKS
Mata kuliah ini secara garis besar mata berisi tentang sejarah kelahiran tamansiswa, sifat, bentuk, isi, irama dan usaha tamansiswa, azaz tamansiswa tahun 1922, landasan perjuangan, ciri khas, tujuan,visi dan misi tamansiswa, konsep dasar pendidikan,  atribut,  adat kebiasaan organisasi dan pengelolaan tamansiswa, perjuangan zaman penjajahan, perjuangan zaman kemerdakaan, falsafah dan ajaran  hidup Ki Hadjar Dewantara, penghargaan akademik yang diterima oleh Ki Hadjar Dewantara, serta pandangan para tokoh tamansiswa terhadap ajaran Ki Hadjar Dewantara.

METEOROLOGI DAN KLIMATOLOGI : GEO2122D / 2 SKS
Mata kuliah meteorologi dan klimatologi diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud memberikan bekal bagi mahasiswa agar memehami tentang salah satu obyek material Geografi yakni atmosfir. Mahasiswa diharapkan memahami konsep tentang meteorologi, klimatologi, cuaca dan iklim, faktor yang mempengaruhinya, mengolah dan menganalisi data cuaca/iklim, siklus hidrologi, pemanasan global, klasifikasi iklim, perubahan iklim dan keterkaitan cuaca/iklim bagi kehidupan manusia, tumbuhan, maupun hewan.

TEKNOLOGI INFORMASI DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER : GEO2201C/ 2 SKS
Mata kuliah ini memberikan gambaran tentang perangkat komputer (pengenalan hardware dan softwere), integrasi softwere, komponen kunci dalam penggunaan komputer untuk kebutuhan geografi serta tip dan teknik perawatan komputer untuk keberlanjutan penggunaan analisa dalam geografi.

OSEANOGRAFI : GEO2203D/2 SKS
Mata kuliah Oseanografi membicarakan tentang laut dengan berbagai aspeknya termasuk potensi dan distribusi sumber daya kelautan. Dengan demikian mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah ini dapat memperoleh pengetahuan tentang proses terjadinya laut/lautan, topografi dan sedimentasi dasar laut, kondisi air laut dengan berbagai fenomena yang ada, biologi serta pengaruh laut terhadap iklim dan kehidupan manusia. Oseanografi diberikan pada Program Studi Geografi  untuk membantu menjelaskan berbagai fenomena, gejala hidrosfera terutama fenomena, gejala  yang ada dan terjadi pada laut yang merupakan objek materi dalam studi geografi.

GEOGRAFI KEPENDUDUKAN : GEO1203B / 2 SKS
Mata kuliah geografi penduduk merupakan kajian mengenai prinsip-prinsip dan konsep-konsep geografi untuk analisis kependudukan. Geografi penduduk mempelajari penampilan variasi ruang dari distribusi, komposisi, perpindahan dan pertumbuhan penduduk yang dikaitkan dengan variasi ruang diberbagai tempat dipermukaan bumi. Kompetensi akhir yang diharapkan dari perkuliahan ini adalah penguasaan analisis geografi untuk kependudukan yang dikaitkan dengan variasi ruang dipermukaan bumi. Materi perkuliahan meliputi posisi geografi penduduk dalam konteks geografi, sumber data geografi penduduk, pertumbuhan penduduk spasial, persebaran penduduk diberbagai ruang permukaan bumi, keterkaitan antara pertumbuhan penduduk dengan tanah, iklim, sumber daya alam, sejarah dan politik, mobilitas penduduk geografis, tekanan penduduk dan daya dukung lingkungan.

PRAKTIKUM SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS : GEO2207D / 2 SKS
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mengetahui Sistem Informasi Geografi dengan pokok bahasan penyusunan basis data SIG, analisis pengarahan model dan aplikasi SIG dalam contoh kasus.

SURVEY PEMETAAN : GEO2209D / 3 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang akan memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan pengukuran permukaan bumi dan digambarkan dalam bentuk peta. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu mengoperasikan alat ukur water pass dan theodolite, pengukuran polygon dan sifat datar, pemetaan digital, dan sistem informasi geografis. Perkuliahan ini dilaksanakan melalui kegiatan pengukuran di lapangan secara kelompok, sedangkan evaluasi akhir mahasiswa membuat laporan individu, laporan kelompok dari hasil praktikum kemudian dipresentasikan.

GEOGRAFI REGIONAL INDONESIA : GEO2211D / 3 SKS
Matakuliah ini membahas tentang fenomena geografi di Indonesia dan hubungannya dengan kegiatan penduduk yang didekati secara keruangan dan kelingkungan yang meliputi letak keadaan geologi, geomorfologi, iklim, tanah, perairan, laut, hidrologi, flora dan fauna, ekosistem pantai, ekosistem daratan rendah dan pegunungan, sumberdaya alam, penduduk dan aktivitasnya meliputi pertanian, perikanan, kehutanan, perindustrian, transportasi, perdagangan, konservasi dan hubungannya dengan kegiatan pembangunan lokal, regional dan nasional.

GEOGRAFI TANAH : GEO2213D / 2 SKS
Geografi Tanah merupakan mata kuliah lanjut yang diperuntukan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud  memberikan pemahaman bagi mahasiswa untuk menerapkan konsep Geografi Tanah dalam pembangunan dan pengembangan wilayah. Materi perkuliahan membahas tentang konsep dasar ilmu tanah (Soil Science) sebagai bagian dari studi geografi terpadu (unified geography) yang meliputi hakekat dan konsep tanah, sifat fisik-kimia-biologi tanah, genesa tanah, klasifikasi dan taksonomi tanah, serta persebaran tanah dalam suatu ruang. Pada akhir perkuliahan mahasiswa diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam membaca dan membuat peta tanah yang didasarkan pada hasil survey melalui praktikum lapangan.

GEOMORFOLOGI REGIONAL INDONESIA : GEO2215D / 2 SKS 
Geomorfologi Regional Indonesia merupakan mata kuliah lanjutan yang diperuntukan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang fenomena geomorfogis dengan pendekatan secara keruangan dan kelingkungan yang meliputi sejarah geomorfologis, kerangka geologis dan fisiografis, bentuklahan, bentanglahan serta pemanfaatannya yang dikaitkan dengan karakteristik, potensi dan pengembangan wilayah yang ada di seluruh Kepulauan Indonesia yang terdiri atas, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Pulau Papua.

GEOGRAFI PERTANIAN : GEO2217D/ 2 SKS
Mata kuliah geografi pertanian diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud memberikan bekal bagi mahasiswa agar memehami tentang usaha tani dan fakta penunjang wilayah. Mahasiswa diharapkan memahami dan mengasosiasikan masalah usaha tani dengan situasi dan kondisi ekonomi sosial yang berlaku secara regional atau internasional.

PENGINDERAAN JAUH : GEO2219D / 2 SKS
Penginderaan jauh (inderaja) merupakan ilmu, teknik dan seni untuk memperoleh informasi tentang objek, gejala, atau area dengan cara menganalisis  data yang diperoleh dengan dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap objek, daerah atau gejala yang dikaji. Mata kuliah ini membahas tentang dasar fisika PJ, sensor platform satelit PJ, penyajian data sumber dan jenis, pengenalan citra, aplikasi PJ, dasar-dasar pengolahan citra.

EROSI DAN KONSERVASI TANAH : GEO2202D / 2 SKS
Mata kuliah erosi dan konservasi tanah diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud memberikan bekal bagi mahasiswa agar memahami tentang tanah terutama yang berhubungan dengan erosi dan konservasi. Selain itu, mata kuliah disusun untuk memberikan kepada mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan berbagai upaya pengoptimalan pengelolaan tanah dalam upaya konservasi sumberdaya tersebut.

GEOGRAFI PESISIR DAN KEMARITIMAN : GEO2204D / 2 SKS
Mata Kuliah ini membahas tentang karakteristik fisik dan sosial wilayah pesisir, kondisi oseanografi wilayah pesisir, geologi dan morfologi wilayah pesisir, bentuk-bentuk lahan pasang surut, defisinisi maritim, kepulauan dan nusantara, sejarah, ekonomi dan sosial budaya kemaritiman dan lingkungan maritime.

GEOGRAFI PEMBANGUNAN : GEO2206D / 2 SKS
Mata Kuliah ini membahas tentang perspektif geografi dalam kompleksitas pembangunan, esensi pembangunan, teori pembangunan yang bernuansa spasial, strategi dan pendekatan pembangunan, telaahan pembangunan pada studi kasus dalam dan luar negeri, dan penerapan model pembangunan.

APLIKASI SIG DASAR : GEO2208D / 2 SKS
Mata kuliah Aplikasi SIG 1 merupakan mata kuliah praktikum dengan satu atau beberapa studi kasus teknis yang menggunakan teknologi GIS. Untuk tahap 1 ini digunakan teknik perolehan dan pengolahan data vector yang memuat materi teknis dalam mengumpulkan dan mengolah data vector yang ada. Mata kuliah ini mengharapkan mahasiswa dapat familiar dengan teknik GIS menggunakan perangkat lunak sehingga nanti memudahkan mahasiswa untuk melakukan penelitian geografi yang erat kaitannya dengan data vector.

KULIAH LAPANG II : GEO2210D/ 1 SKS
Kuliah Lapangan adalah salah satu program akademik yang dilakukan di lapangan (luar kelas) mempelajari tentang studi lapangan morfologi, focus grup (air, bentang alam, SDA, sosial ekonomi dan perubahan land use).

INTERPRETASI CITRA DIGITAL : GEO2212D/ 2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan pemahaman Pre-processing citra satelit, rektifikasi citra, reflektan dan nilai citra, sampling, klasifkiasi citra digital dan accuracy assessment

GEOGRAFI REGIONAL DUNIA : GEO2214D/ 3 SKS
Kuliah ini akan mengkaji dasar-dasar pemahaman tentang region dan pewilayahan yang terjadi di muka bumi. Bagaimana region atau wilayah-wilayah geografi itu terbentuk dan berkembang, dipengaruhi atau berpengaruh dalam  kehidupan manusia secara teoritis. Setelah megikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman dan kemampuan dalam mendeskripsikan fisiografi negara-negara di dunia, bentang alam, iklim dan jenis tanah, sumber daya alam, ekonomi dan transportasi, perdagangan serta dampak global yang tengah dialami oleh berbagai negara di dunia.

STATISTIK GEOGRAFI : GEO2216D / 2 SKS
Mata kuliah ini menjelaskan pengertian, prinsip-prinsip dasar metode statistika dan beberapa metode analisis sederhana dan menyajikan bahan pengambilan keputusan. Materi kuliah meliputi pengertian statistika spasial, deskriptif, inferensial dan statistical thinking. Penyajian ukuran data meliputi penyajian data kualitatif dan kuantitatif, ukuran pemusatan data dan ukuran penyebaran data, skala data nominal, ordinal, interval, dan rasio. Probabilitas (Penyajian probabilitas data meliputi probabilitas suatu kejadian, aturan bayes, dan jenis-jenis ditribusi meliputi distribusi Binomial, distribusi Poisson, distribusi normal, distribusi t, distribusi F, distribusi Chi Kuadrat, dan distribusi sampling); Statistik Inferensial: Penaksiran Interval dan Pengujian Hipotesis untuk satu populasi dan dua populasi (Menyajikan data dalam bentuk inferensia statistika, estimasi titik, estimasi interval untuk satu populasi untuk satu dan dua populasi);Uji Chi Kuadrat: Uji Independensi, Uji Homogenitas, Uji Kecocokan; Analisis Variansi Satu Arah (Melakukan uji hipotesis mean satu populasi untuk sample kecil dan besar dan p-value, uji hipotesis mean dan varian dua populasi untuk sample kecil dan besar, dan analisis variansi satu arah); Regresi (Menyajian data dalam pemodelan regresi spasial dan korelasi serta analisisnya, dan pemodelan spatio-temporal);.Penyajian ukuran data, probabilitas data dan uji hipotesis.

GEOGRAFI PARIWISATA : GEO2218D/ 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut pada program studi Geografi yang berkaita dengan mata kuliah Geografi Ekonomi, Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan, teori dan konsep geografi dalam kepariwisataan dengan menggunakan berbagai analisis dan aplikasinya untuk menata potensi fisik dan sosial secara efektif dan efesien yang sesuai dengan daya dukungnya, sehingga menimbulkan partisipasi masyarakat yang optimal untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan serta dapat memenuhi tuntutan pasar. 

GEOGRAFI EKONOMI : GEO2220D/ 2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang telaah dalam ilmu ekonomi, perbedaan economic geography dengan regional economic, supplay and demand, dan intervensi pemerintahan dalam pasar. Selesai mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkaan dapat menjelaskan dan mengidentifikasi aktivitas ekonomi manusia dalam memanfaatkan ruang muka bumi. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan mampu menganalisis faktor-foktor yang mempengaruhi perkembangan aktivitas ekonomi melalui pendekatan region.

DEMOGRAFI : GEO2222D / 2 SKS
Mata kuliah Demografi membahas konsep dan ruang lingkup demografi, sumber data demografi, proses demografi dan struktur karakteristik demografi. Mata kuliah ini juga membahas tentang teori penduduk, serta pengukuran dasar demografi dan pertumbuhan penduduk. Mata kuliah ini mendasari mata kuliah lainnya seperti geografi penduduk dan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan tentang penekanan studinya yaitu pada proses demografi, namun struktur penduduk  juga diperlukan untuk dapat memahami proses demografi serta membahas bagaimana teknik analisa demografi. Kegiatan perkuliahan demografi ini menitikberatkan perkuliahan pemantapan konsep demografi serta memberikan studi kasus demografi yang ada di lingkungan sekitar sebagai proses pemantapan konsep demografi yang telah disampaikan.

ANTIKORUPSI : GEO2201B / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib Universitas Tamansiswa. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pendekatan multidisiplin dalam pola dan model pembelajarannya. Salah satu penyebab buruknya integritas seseorang adalah prilaku koruptif, gerakan anti-korupsi merupakan salah satu upaya preventif dalam pemberantasan korupsi yang harus disegerakan oleh insitusi pendidikan untuk mengurangi prilaku dan tindak korupsi pada masa mendatang. Materi perkuliahan dimulai dari pemahaman dasar definisi, jenis, penyebab dan dampak dari korupsi, termasuk dalam bidang ekonomi dan politik.    

METODE KUANTITATIF GEOGRAFI : GEO2203D/ 3 SKS
Mata kuliah metode kuantitatif geografi merupakan mata kuliah yang akan membekali mahasiswa Prodi Geografi dalam penyusunan tugas akhir dan penelitian yang dikaji dari aspek kuantitatif. Mahasiswa akan dibekali dengan materi: statistik dalam geografi, ukuran distribusi data, probabilitas, sampling, analisis keruangan, korelasi & regresi, analisis tetangga terdekat, network analisis, dan model gravitasi.

PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN WILAYAH : GEO2205E / 2 SKS
Mata  kuliah   merupakan  mata  kuliah  yang  membahas: esensi pembangunan, pendekatan regional,  evaluasi pembangunan wilayah, serta strategi  dalam  pembangunan  wilayah.  Setelah  mengikuti  perkuliahan  ini diharapkan  mahasiswa  memiliki  pengetahuan  dan  wawasan  pembangunan  dan pengembangan wilayah.

PRAKTIKUM INTERPRETASI CITRA DIGITAL : GEO1307C / 2 SKS
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mempraktekkan semua teori pada mata kuliah interpretasi citra diantaranya: Pre-processing citra satelit, rektifikasi citra, reflektan dan nilai citra, sampling, klasifiasi citra dan accuracy assessment. Mata kuliah ini sangat membantu mahasiswa dalam menerapkan dan menguasai teknologi geospasial dalam kaitannya dengan kajian kewilayahan dan kelingkungan.

KEWIRAUSAHAAN : GEO2209B / 3  SKS
Kuliah Kewirausahaan diberikan pada semua mahasiswa pada tingkatan lanjut yang telah memiliki ilmu penunjang lainnya, konsep kewirausahaan adalah pemindahan segala sumberdaya ekonomi dari wilayah yang kurang produktif ke wilayah produktif dan menguntungkan. Kegiatan perkuliahan yang perlu mendapatkan prioritas adalah pembangunan sikap dan sifat mahasiswa untuk dapat menjadi pelaku bisnis wirausaha (entrepreneurship) atau menjadi pemikir wirausaha (entrepreneurial thinker).

GEO-HIDROLOGI : GEO2211D / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan pengembangan kajian ilmu geografi dan hidrologi, mata kuliah ini bisa juga dikatakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah hidrologi namun mata kuliah ini membahas hidrologi dengan pembahasan tentang analisis spasial,  hidrogeografi dan permasalahan SDA saat ini, baik dari sisi kuantitas maupun dari sisi kualitas dalam skala global dan skala DAS. Kegiatan perkuliahan terhadap mata kuliah ini melakukan perkuliahan diskusi terhadap kasus air atau hidrologi yang ada di lingkungannya dengan menggunakan beberapa sudut pandang ilmu lainnya.

APLIKASI SIG LANJUT : GEO2215E
Mata kuliah Aplikasi SIG Lanjut merupakan mata kuliah praktikum dengan satu atau beberapa studi kasus teknis yang menggunakan teknologi GIS. Mata kuliah ini mengharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan SIG pada kasus yang lebih membutuhkan analisis lebih lanjut.

GEOGRAFI KESEHATAN : GEO1315C / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan peminatan PJ SIG. Pendekatan geografi untuk masalah kesehatan, ekologi penyakit, teknik dan metode pengukuran kesehatan, pola persebaran penyakit, difusi penyakit, penyakit dan perkembangan ekonomi, isu kesehatan global, SIG untuk perencanaan kesehatan, metode pemetaan, aplikasi geografi.

GEOGRAFI MANAJEMEN KEBENCANAAN : GEO2217D / 2 SKS
Mata kuliah ini dilatar belakangi oleh posisi Indonesia baik ditinjau dari segi geologis maupun geomorfologis merupakan tempat yang sangat rentan dengan bencana alam. Bencana alam tersebut secara logis akibat kombinasi aktivitas alam dan aktivitas manusia. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mendalami pembahasan mengenai konsep-konsep yang dipakai dalam kerentanan bencana seperti kebencanaan, resiko, bentuk-bentuk bencana alam dalam skala global dan nasional serta bagaimana langkah yang dilakukan dalam mitigasi dan beradaptasi ketika bencana terjadi.

GEOGRAFI TRANSPORTASI : GEO2219E/ 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut pada mata kuliah Geografi Pembangunan yang kajiannya lebih menitik beratkan pada teori-teori dan konsep terhadap deskripsi perkembangan  transportasi di suatu wilayah yang terdiri dari; hubungan transportasi terhadap keadaan pada geografis suatu wilayah, karakter-karakter transportasi di wilayah Indonesia, analisis aksesibilitas transportasi wilayah Indonesia serta keterkaitan keadaan transportasi terhadap interaksi keruangan, kewilayaan dan ekologi.

GEOGRAFI PERKOTAAN : GEO2321D / 2 SKS
Mata kuliah Geografi Perkotaan diperuntukkan bagi mahasiswa Program Studi Geografi dengan maksud memberikan bekal bagi mahasiswa agar memahami mengenai wilayah perkotaan. Mata kuliah ini memberikan landasan teoritis mengenai ruang lingkup geografi perkotaan, kedudukan dan peran perkotaan dalam ilmu geografi, serta sejarah dan analisis terhadap gejala yang muncul dalam wilayah perkotaan. Beberapa disiplin ilmu yang memiliki keterkaitan dengan mata kuliah ini yaitu geografi ekonomi, geografi penduduk, geografi transportasi, geografi industri, geografi kesehatan, sosiologi, demografi dan pembangunan wilayah.

PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI : GEO2302D/ 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari mata kuliah hidrologi. Matakuliah ini membahas mengenai jenis-jenis permasalah DAS dan cara identifikasinya, contoh program yang diterapkan untuk pengelolaan DAS, analisis sumberdaya lingkungan, dasar-dasar pengelolaan das, integrasi pengelolaan DAS, serta evaluasi dan monitoring program yang diterapkan didalam DAS. Matakuliah ini sangat penting bagi mahasiswa yang ingin mendalami pengelolaan lingkungan baik secara fisik maupun manusianya.

KULIAH LAPANG III : GEO2304D/ 1 SKS
Kuliah Lapang III pada Program Studi Geografi merupakan lanjutan dari kuliah lapang yang dilaksanakan pada semester sebelumnya. Kuliah Lapang III dilaksanakan dengan metode penerapan SIG untuk analisis resiko bencana di wilayah kajian.

METODOLOGI PENELITIAN GEOGRAFI : GEO2306D / 3 SKS
Metodologi Penelitian Geografi merupakan mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Prodi Geografi. Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam menyusun tugas akhir sebagai prasayarat untuk menyelesaikan jenjang S1. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam menyusun konsep penelitian yang dimulai dari perumusan masalah, teknik pengumpulan data dan pengolahan data. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu dengan memberikan proyek akhir pada mahasiswa berupa pembuatan proposal penelitian sesuai dengan bidang dan minat yang dikuasai oleh masing-masing mahasiswa. 

MANAJEMEN PROYEK : GEO2308C / 3 SKS
Mata kuliah ini membahas dasar konseptual dan operasional perencanaan proyek terkait permasalahan berbasis spasial, mengkaji kelayakan dan keputusan investasi pada proyek, mengkaji dasar konseptual dan operasional pelaksanaan proyek berbasis spasial serta melatih keterampilan menggunakan teknik evaluasi perencanaan dan pelaksanaan proyek. Kegiatan kuliah ini meliputi tatap muka, praktikum dan observasi di lapangan.

APLIKASI SIG PJ UNTUK KEBENCANAAN : GEO2310E / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah Geografi Manajemen Kebencanaan. Aplikasi SIG PJ memiliki kontribusi yang sangat luas dalam manajemen resiko bencana. Oleh sebab itu, dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diarahkan untuk menerapkan teknologi SIG dan PJ dalam melakukan riset dan menyelesaikan permasalahan terkait bahaya, kerentanan dan risiko bencana di wilayah Indonesia.

TEKNIK ANALISA PERENCANAAN WILAYAH : GEO2312E / 2 SKS
Analisa wilayah merupakan mata kuliah lanjutan yang diperuntukan bagi mahasiswa Program Studi Geografi, dengan maksud  memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang konsep perencanaan dan pengembangan wilayah dan mampu mengaplikasikan teori dan melakukan  analisis-analis yang digunakan dalam analisa wilayah. Mahasiswa diharapkan menguasai konsep tentang perencanaan dan pengembangan wilayah, landasan/azas dalam perencanaan wilayah, perencanaan pembangunan di Indonesia, tinjauan wilayah dalam perencanaan pembangunan, perencanaan tata guna lahan, DAS sebagai unit analisa wilayah, wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil sebagai unit analisa wilayah. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu melakukan analisa suatu wilayah provinsi dan atau kota, analisis fisik kewilayahan, analisis ekonomi dan sarana prasarana wilayah, analisa sosial kependudukan, dan mampu merumuskan tingkat perkembangan dan potensi dari suatu wilayah.

PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN GEOGRAFI : GEO2314B / 2 SKS
Mata kuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah kewirausahaan. Pada tahapan ini mahasiswa lebih diarahkan untuk memahami dan mendalami kegiatan praktek kewirausahaan dibidang ilmu geografi, manfaatnya dan teknis pelaksanaannya, baik secara langsung atau tidak langsung.

MANAJEMEN BASIS DATA SPASIAL : GEO2316D / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang berkaitan dengan bagaimana mengelola data spasial sehingga dapat diakses dan digunakan oleh berbagai pengguna data spasial. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam integrasi software, identifikasi data, tema dan skala, struktur database, relasi database, aplikasi untuk sensus, parsel tanah/kadastaral dan aplikasi data atribut terhadap data spasial. Kegiatan perkuliahan dapat berupa teori ataupun praktik langsung menggunakan software untuk mengelola data-data spasial. Keberhasilan capaian mata kuliah ini dapat dilihat dari aspek kehadiran, keaktifan dalam perkuliahan serta ujian tengah semester dan ujian akhir semester yang dilakukan oleh mahasiswa.

PERENCANAAN DESA-KOTA : GEO2318E / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang dikembangkan dari mata kuliah Geografi Desa-Kota dan Geografi Perkotaan. Mata kuliah ini akan menuntun mahasiswa agar memahami konteks perencanaan wilayah desa dan kota sebagai bagian dari kebijakan yang diterapkan pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan wilayah. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk mampu melihat fenomena dan penerapan perencanaan pembangunan desa-kota di Indonesia.

PERMODELAN SPASIAL : GEO2320E / 2 SKS
Mata kuliah pemodelan spasial ini adalah mata kuliah dari pengembangan ilmu geografi yang mengarah pada aplikasi SIG pada beberapa kasus spasial. Materi perkuliahan berkaitan dengan konsep dan dasar permodelan spasial, spasial dalam pandangan ilmu geografi, model builder, serta permodelan spasial untuk kajian erosi dan banjir, permodelan spasial untuk perencanaan penggunaan lahan, permodelan spasial untuk lahan kritis dan kebakaran hutan dan lahan. Kegaiatan perkuliahan terhadap mata kuliah permodelan spasial lebih dititik beratkan pada perkuliahan pratikum dengan menggunakan beberapa aplikasi/program spasial seperti: E-cognition, Envi, Argis dan lain-lainnya yang menunjang dalam pemantapan pemahaman terhadap mata kuliah permodelan spasial ini.

KKN : GEO2403B/ 4 SKS
Kuliah Kerja Nyata didesain dalam format KKN Tematik Posdaya, sebagai pengembangan dari KKN reguler yang telah dilaksanakan pada waktu-waktu sebelumnya. Pengembangan mata kuliah ini mengacu program dari DP2M Ditjen DIKTI – Depdiknas tahun 2007. Beberapa hal yang perlu dicatat dalam MK KKN ini adalah: a)Metode pembelajaran KKN adalah kerja lapangan dengan mengikuti tahapan-tahapan tertentu yang telah ditetapkan, sehingga materi tidak disusun dalam bentuk sesi-sesi pertemuan tetapi berupa tahapan kegiatan yang harus dilaksanakan selama KKN. Tahapan kegiatan yang dituliskan adalah kegiatan pokok. Kegiatan detail bersifat tentatif, tergantung tema/topik yang diusulkan dan permasalahan yang berkembang di lapangan; b) KKN dilaksanakan oleh beberapa unsur, antara lain: dosen, mahasiswa, LPPM, mitra kerja, masyarakat umum, dan sebagainya.

MAGANG : GEO2403B/ 4 SKS
Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekkan seluruh konsep dan latihan yang diterima selama masa perkuliahan di instansi yang relevan. Program ini dijalankan selama minimal 40 hari atau 2 bulan dimana pada akhir masa magang dihasilkan sebuah laporan magang. Laporan ini akan diuji secara komprehensif dengan mengikutsertakan perwakilan dari instansi tempat magang dilakukan.

PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DAN LINGKUNGAN : GEO2405F / 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pengembangan dari ilmu geografi yang berorentasi pada ilmu geografi fisik yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Mata kuliah ini membahas konsep sumber daya alam, konsep lingkungan, karakteristik sumber daya alam dan lingkungan, konsep pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan dalam kajian ilmu geografi, karakteristik pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pengelolaan limbah pertanian, estetika lingkungan, falsafah dan etika konservasi serta pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan dalam kajian spasial. Kegiatan perkuliahan memadukan teknik perkuliahan ceramah (pembahasan konsep) degan teknik perkuliahan studi kasus yang terjadi saat ini sebagai bentuk pengaplikasian konsep yang telah dibahas atau didiskusikan.

GEOGRAFI POLITIK : GEO2407F / 2 SKS
Geografi Politik merupakan mata kuliah pilihan program studi yang dirancang dengan fokus utama adalah mempelajari hubungan timbal balik antara dinamika ruang dan dinamika kekuasaan politik. Mata kuliah ini akan mengulas cara pandang geografi dalam menelaah gejala-gejala politik yang bercampur baur dengan gejala ekonomi, sosial, dan budaya. Ulasan mengenai faktor-faktor geografis yang mempengaruhi diferensiasi orientasi politik merupakan salah satu tema penting dalam mata kuliah ini. Sejarah dan tipe pendekatan geografi politik serta teori-teori yang menyertainya juga akan diulas dalam mata kuliah ini sebagai landasan untuk mencermati berbagai gejala politik seperti pembentukan negara, kedaulatan, nasionalisme, kolonialisme dan neo-kolonialisme, persaingan antar kekuatan politik, pemilihan umum, serta konflik teritorial. Pembahasan mengenai kekuasaan politik akan mencakup kekuasaaan yang dijalankan oleh negara dan oleh unsur-unsur di luar negara. Peran penting teritorial sebagai identitas kekuasaan akan dikaitkan dengan gejala produksi ruang yang diwujudkan dalam bentuk simbolisasi dan pencitraan lokasi.

KLIMATOLOGI REGIONAL INDONESIA : GEO2409F/ 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan lanjutan pemabahasan ilmu dari mata kuliah meteorologi dan klimatologi. Setelah mengambil mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu memahami konsep iklim di Indonesia, dinamika atmosfer di Indonesia dan bagaimana fenomena Global Warming dan dampaknya terhadap wilayah di Indonesia. Kegiatan perkuliahan dalam mata kuliah ini menggunakan metode perkuliahan ceramah dan diskusi panel antar mahasiswa terhadap kasus klimatologi regional Indonesia.

PENGELOLAAN WILAYAH HUTAN : GEO2411F/ 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan yang membahas mengenai pengelolaan wilayah hutan yang didasarkan pada aspek geografi, seperti permodelan dan kajian spasial wilayah hutan. Mata kuliah ini lebih menitikberatkan pada aspek kebijakan dalam rangka mengelola hutan untuk mengoptimalkan sumberdaya yang terdapat di wilayah hutan.

SEMINAR : GEO2402B/ 2 SKS
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan yang menjadi prasyarat dalam mengikuti ujian skripsi. Mata kuliah ini menuntut mahasiswa untuk memaparkan proposal skripsi dan laporan hasil penelitian skripsi sebagai bagian untuk mempertanggungjawabkan kegiatan penelitian yang dilaksanakan. Mata kuliah ini dilaksanakan dengan tujuan menilai dan menyempurnakan laporan penelitian agar menjadi suatu karya ilmiah yang baik.

SKRIPSI : GEO2404B / 4 SKS
Mata kuliah ini merupakan prasyarat bagi mahasiswa S1 untuk menyelesaikan studinya dalam bentuk skripsi. Untuk menempuh ujian tugas akhir program sarjana, seorang mahasiswa ditugaskan membuat tugas yaitu karya ilmiah di bidang ilmunya yang ditulis berdasarkan hasil penelitian, studi kepustakaan, praktek kerja lapangan, magang kerja, atau tugas lain yang ditentukan oleh Program Studi Geografi. Bagi mahasiswa yang telah dapat memenuhi persyaratan akademik, persyaratan administrasi dan telah mengisi KRS dengan memprogramkan skripsi, maka mahasiswa dapat mengajukan topik atau judul skripsi kepada Ketua Jurusan/Program Studi yang selanjutnya akan diproses untuk dicarikan pembimbing. Atau mengajukan permohonan kepada calon dosen pembimbing yang bersangkutan untuk kemudian disetujui Ketua Program Studi.